Kamis, 10 September 2009

BAAN

Baan adalah vendor dari perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) perangkat lunak yang kini dimiliki oleh Infor Global Solutions. Baan atau Baan ERP juga nama produk ERP yang diciptakan oleh perusahaan ini.

Baan Corporation telah dibuat oleh Jan Baan pada tahun 1978 di Barneveld, Belanda, untuk memberikan konsultasi administrasi keuangan dan jasa. Dengan pengembangan paket perangkat lunak pertama, Jan Baan dan Paul Baan saudaranya memasuki apa yang kemudian menjadi industri ERP. Baan perusahaan yang berfokus pada penciptaan perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) software.

Jan Baan mengembangkan program komputer pertama F-85 Durango komputer dalam bahasa BASIC. Pada awal tahun '80-an, Baan Perusahaan mulai mengembangkan Unix aplikasi komputer dengan C dan mengembangkan diri Baan-bahasa C, yang sintaks yang sangat mirip dengan bahasa BASIC
Baan memperoleh popularitasnya pada awal tahun sembilan puluhan. Lunak Baan terkenal dengan Dynamic Enterprise Modeler (DEM), teknik arsitektur dan bahasa 4GL. Baan 4GL dan Prasarana saat ini masih dianggap sebagai salah satu yang paling efisien dan produktif platform pengembangan aplikasi database. Baan menjadi ancaman nyata pemimpin pasar SAP setelah memenangkan Boeing besar kesepakatan pada tahun 1994. Ia pergi IPO pada tahun 1995 dan menjadi perusahaan publik di Amsterdam dan US Nasdaq. Beberapa perusahaan konsultan besar di seluruh dunia bekerja sama untuk melaksanakan Baan IV untuk perusahaan-perusahaan multi-nasional. Serveral telah mengakuisisi perusahaan perangkat lunak lain untuk memperkaya produk porfolio, termasuk Aurum, Berclain, Coda dan timnas Logistics. Pertumbuhan penjualan pernah diklaim mencapai 91% per tahun.

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Baan

4 komentar:

  1. Bahasa 4GL itu ap??saya baru mendengarnya,,tolong jelasin ned

    BalasHapus
  2. 4GL (fourth-generation languages) atau bahasa generasi keempat adalah bahasa pemrograman yang didesain secara spesifik untuk aplikasi tertentu (application specific). Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Jim Martin untuk merujuk kepada bahasa pemrograman tingkat tinggi non-prosedural yang khusus dikembangkan dalam sistem pengolahan data atau untuk mengakses basis data, seperti SQL, Focus, Metafont, dll.

    BalasHapus
  3. kenapa SAP bisa menjadi saingan berat SAP?? karena BAAN hanya membidangi Human Resource sedangkan SAP membidangi banyak sub-modul ERP.

    Tanx...ned aldy...

    BalasHapus